Gejala Stroke

Gejala-gejala stroke bervariasi tergantung pada area otak yang dipengaruhi oleh kekurangan oksigen. Semua stroke melibatkan gejala yang berhubungan dengan gangguan fungsi saraf. Gejala-gejala biasanya muncul tiba-tiba dan paling sering terjadi pada satu sisi tubuh.

Gejala dan tanda-tanda stroke dapat termasuk mati rasa, kelemahan, kesemutan, atau kehilangan penglihatan atau perubahan. Kebingungan, perubahan tingkat kesadaran, kesulitan berbicara, kesulitan memahami pembicaraan, vertigo, dan masalah keseimbangan adalah gejala umum lainnya.

Sakit kepala, mual, dan muntah terkadang menyertai stroke, terutama ketika stroke melibatkan pendarahan di dalam otak.

Penyebab stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke area tertentu di otak. Ini berarti bahwa sel-sel otak di arteri yang terlibat tidak menerima pasokan oksigen yang memadai yang dibawa dari aliran darah. Kerusakan pada sel-sel otak karena kekurangan oksigen menyebabkan stroke.

Stroke bisa iskemik (karena arteri yang tersumbat atau gangguan aliran darah) atau hemoragik (daerah otak berdarah karena pembuluh darah yang pecah atau bocor). Dalam kedua kasus, ada oksigen yang cukup untuk otak berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar