Fibroid Rahim

Fibroid uterus adalah tumor jinak yang paling umum (bukan kanker) dari rahim seorang wanita (rahim). Fibroid adalah tumor dari otot polos yang ditemukan di dinding rahim. Mereka dapat berkembang di dalam dinding uterus itu sendiri atau menempel padanya.

Mereka bisa tumbuh sebagai tumor tunggal atau dalam kelompok. Fibroid uterus dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang berlebihan, nyeri panggul, dan sering buang air kecil.

    Pertumbuhan ini terjadi pada hingga 50% dari semua wanita dan merupakan salah satu penyebab utama histerektomi (pengangkatan rahim) di Amerika Serikat. Diperkirakan 600.000 histerektomi dilakukan di AS setiap tahun, dan setidaknya sepertiga dari prosedur ini adalah untuk fibroid.

    Obat-obatan dan yang lebih baru, perawatan bedah yang kurang invasif sekarang tersedia untuk membantu mengontrol pertumbuhan fibroid.

    Fibroid mulai di jaringan otot rahim. Mereka dapat tumbuh ke dalam rongga uterus (submucosal), ke ketebalan dinding rahim (intramuskular), atau di permukaan rahim (subsersoal) ke dalam rongga perut.

    Beberapa mungkin terjadi sebagai massa bertangkai bunga (fibroid tumbuh pada batang dari rahim).

    Meskipun tumor ini disebut fibroid, istilah ini menyesatkan karena terdiri dari jaringan otot, bukan jaringan fibrosa. Istilah medis untuk fibroid adalah leiomioma, sejenis mioma atau tumor mesenkimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar