Cara Mengelola Stres dengan Baik

Secara umum, stres terkait dengan faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal termasuk lingkungan fisik Anda, pekerjaan Anda, hubungan dengan orang lain, rumah Anda, dan semua situasi, tantangan, kesulitan, dan harapan yang Anda hadapi setiap hari. Faktor internal menentukan kemampuan tubuh Anda untuk menanggapi, dan menangani, faktor-faktor yang memicu stres eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk menangani stres meliputi status gizi Anda, tingkat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan, kesejahteraan emosional, kemampuan Anda untuk mengendalikan stres melalui teknik relaksasi atau strategi lain, dan jumlah tidur dan istirahat yang Anda dapatkan.

Mengelola stres, oleh karena itu, dapat melibatkan kiat-kiat belajar untuk mengubah faktor-faktor eksternal yang menghadapkan Anda atau faktor-faktor internal yang memperkuat kemampuan Anda untuk menghadapi apa yang terjadi pada Anda.

Olahraga

Latihan dapat menjadi kunci, metode utama untuk mengimbangi stresor. Latihan fisik tidak hanya meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, tetapi juga membantu Anda mengelola stres dan ketegangan emosional juga. Olahraga juga dapat membantu relaksasi dan memperbaiki tidur. Untuk satu hal, olahraga dapat secara emosional menghapus satu sementara dari lingkungan atau situasi yang penuh tekanan. Menjadi bugar dan sehat juga meningkatkan kemampuan Anda untuk menghadapi stres yang muncul.

Teknik relaksasi dan meditasi

Ada banyak cara untuk menggunakan teknik relaksasi terstruktur untuk membantu mengendalikan stres dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Meskipun beberapa jenis terapi meditasi dan relaksasi paling baik dipelajari di kelas, Anda juga bisa mempelajari teknik meditasi sendiri. Ada ratusan jenis metode relaksasi mulai dari CD audio hingga kelompok seni bela diri dan kelas kebugaran. Berikut ini hanya contoh jenis program terstruktur yang tersedia yang dapat meningkatkan kapasitas kami untuk relaksasi:

  Pelatihan autogenik

    Dikembangkan pada awal abad ke-20, teknik ini didasarkan pada konsentrasi pasif dan kesadaran sensasi tubuh. Melalui pengulangan apa yang disebut "formula" autogenik, seseorang memfokuskan pada sensasi yang berbeda, seperti kehangatan atau berat, di berbagai wilayah tubuh. Pelatihan autogenik telah digunakan oleh dokter sebagai bagian dari terapi untuk berbagai kondisi.

    Populer di Eropa (di mana ia bahkan dicakup oleh beberapa rencana asuransi), metode ini saat ini mendapatkan penerimaan di Amerika Serikat. Tidak ada keterampilan fisik atau latihan khusus yang terlibat; Namun, orang yang ingin mempelajari teknik ini harus siap untuk menginvestasikan waktu dan kesabaran. Karena teknik ini sedikit lebih kompleks daripada beberapa metode relaksasi, tentu saja merupakan cara terbaik untuk mempelajari metode ini.

  Biofeedback

    Biofeedback adalah salah satu metode pembelajaran untuk mencapai relaksasi, mengontrol respons stres, atau memodifikasi reaksi tubuh melalui penggunaan peralatan pemantauan yang memberikan informasi dari tubuh yang biasanya tidak tersedia. Metode ini didasarkan pada prinsip yang pertama kali dikemukakan pada awal 1960-an bahwa sistem saraf otonom (bagian yang tidak kita gunakan secara sadar) dapat dilatih.

    Sebagai contoh, instrumen dapat digunakan untuk mengukur detak jantung, tekanan darah, aktivitas otak, keasaman lambung, ketegangan otot, atau parameter lain sementara orang bereksperimen dengan perubahan postural, teknik pernapasan, atau pola berpikir. Dengan menerima umpan balik ini, seseorang dapat belajar mengidentifikasi proses yang mencapai hasil yang diinginkan, seperti pengurangan denyut jantung dan tekanan darah. Biofeedback digunakan oleh banyak praktisi untuk berbagai kondisi psikologis dan fisik. Karena teknik ini melibatkan penggunaan alat pengukur, itu hanya dapat dilakukan oleh seorang profesional.

  Citra

    Citra, kadang-kadang disebut sebagai citra yang dipandu, adalah penggunaan gambar yang menyenangkan atau santai untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Dengan mengendalikan pernapasan dan memvisualisasikan citra yang menenangkan, keadaan relaksasi yang mendalam dapat terjadi. Metode ini dapat dipelajari oleh siapa saja dan relatif mudah untuk dicoba.

  Teknik meditasi

    Mulai dari praktik yang terkait dengan agama atau keyakinan tertentu hingga metode yang sepenuhnya berfokus pada relaksasi fisik, meditasi adalah salah satu teknik paling populer untuk mencapai relaksasi fisik dan mental. Ada ribuan jenis meditasi yang berbeda, dan banyak yang bisa dipelajari sendiri. Keadaan meditatif adalah keadaan di mana ada pusat yang mendalam dan berfokus pada inti dari keberadaan seseorang; ada ketenangan pikiran, emosi, dan tubuh.

    Keadaan meditasi dapat dicapai melalui terstruktur (seperti dalam praktek sehari-hari rutin) atau tidak terstruktur (misalnya, saat berada sendirian di luar) kegiatan. Sementara guru seni meditasi sudah tersedia, beberapa teknik dapat dipelajari melalui buku atau tutorial online. Suatu bentuk meditasi yang dipopulerkan selama beberapa dekade adalah meditasi transendental (TM).

    TM memiliki tujuan untuk mencapai kesadaran transendental (bentuk kesadaran paling sederhana). Latihan ini dilakukan selama 15-20 menit di pagi hari dan malam hari dan relatif mudah dipelajari. Banyak kelas dan bahan ajar tersedia untuk pemula. Varian lain dari teknik meditasi telah mendapatkan popularitas di AS sejak deskripsinya pada tahun 1970 oleh dokter Harvard Herbert Benson.

    Teknik ini melibatkan generasi yang disebut respons relaksasi melalui pengulangan kata-kata sambil duduk dengan tenang, 10-20 menit per hari. Dirancang untuk membangkitkan reaksi tubuh yang berlawanan terhadap respons stres (atau reaksi "lawan atau lari"), metode ini tidak membawa nada keagamaan atau spiritual. Nilainya telah didokumentasikan dalam pengurangan tekanan darah dan respons stres tubuh lainnya. Seperti bentuk-bentuk meditasi lainnya, dapat dipelajari sendiri, tetapi waktu dan latihan diperlukan untuk memperoleh keadaan relaksasi yang diinginkan.

  Relaksasi otot progresif

    Relaksasi otot progresif adalah metode yang dikembangkan pada tahun 1930-an di mana kelompok otot dikencangkan dan kemudian rileks berturut-turut. Metode ini didasarkan pada gagasan bahwa relaksasi mental akan menjadi hasil alami relaksasi fisik. Meskipun aktivitas otot terlibat, teknik ini tidak memerlukan keterampilan atau pengkondisian khusus, dan dapat dipelajari oleh hampir semua orang. Relaksasi otot progresif umumnya dilakukan selama 10-20 menit sehari. Seperti halnya respons relaksasi, latihan dan kesabaran dibutuhkan untuk manfaat maksimal.

  Qigong

    Qigong seni bela diri adalah sistem perawatan kesehatan Tiongkok kuno yang menggabungkan latihan fisik (seperti isometrik, isotonik, dan pengkondisian aerobik) dengan filosofi Timur dan teknik relaksasi. Ada banyak jenis qigong, termasuk qigong medis. Beberapa bentuk dilakukan saat berdiri, duduk, atau berbaring; lainnya melibatkan gerakan terstruktur atau pijat. Lebih dari 70 juta orang Cina berlatih beberapa bentuk qigong setiap hari.

    Qigong telah digunakan selama berabad-abad di China untuk perawatan berbagai kondisi medis. Belajar qigong melibatkan waktu, komitmen, kesabaran, dan tekad, dan belajar dari seorang guru atau kelompok sangat dianjurkan. Karena teknik ini melibatkan pengerahan tenaga fisik, tanyakan kepada dokter Anda sebelum memulai, terutama jika Anda memiliki kondisi medis kronis atau berusia di atas 40 tahun.

  Tai chi
    Seperti qigong, tai chi adalah seni bela diri Tiongkok. Ini telah disebut semacam "meditasi dalam gerakan" dan dicirikan oleh gerakan yang lembut dan mengalir yang menekankan ketepatan dan kekuatan. Juga dikenal sebagai tai chi chuan, metode ini berumur ribuan tahun. Seperti halnya qigong, pelatihan dari seorang master diperlukan untuk mempelajari seni tai chi. Sekali lagi, karena gerakan dan kekuatan diperlukan, periksa dengan dokter Anda sebelum memulai pelatihan.

  Yoga
    Ada banyak bentuk yoga, bentuk latihan India kuno yang didasarkan pada premis bahwa tubuh dan pernapasan terhubung dengan pikiran. Latihan yoga diperkirakan berusia lebih dari 5.000 tahun. Salah satu tujuan yoga adalah mengembalikan keseimbangan dan keselarasan dengan tubuh dan emosi melalui banyak latihan postur dan pernapasan. Yoga, yang berarti "bergabung" atau "persatuan" dalam bahasa Sansekerta, telah disebut "mencari jiwa" dan "persatuan antara individu dan yang ilahi."

    Diantara manfaat yoga adalah peningkatan fleksibilitas dan kemampuan untuk relaksasi. Tidak diperlukan tingkat pengkondisian khusus; yoga dapat dipelajari oleh hampir semua orang. Kelas, buku, dan video tersedia secara luas. Mereka yang memiliki kondisi fisik khusus atau kronis akan ingin mendapatkan izin dari dokter mereka sebelum memulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar