Faktor Risiko Stres

Stres datang dalam segala bentuk dan mempengaruhi orang-orang dari segala usia dan semua lapisan masyarakat. Tidak ada standar eksternal yang dapat diterapkan untuk memprediksi tingkat stres pada individu - seseorang tidak perlu memiliki pekerjaan yang secara tradisional stres untuk mengalami stres di tempat kerja, hanya sebagai orang tua dari satu anak dapat mengalami lebih banyak tekanan yang berkaitan dengan pengasuhan daripada orang tua dari beberapa anak.

Tingkat stres dalam hidup kita sangat tergantung pada faktor-faktor individu seperti kesehatan fisik kita, kualitas hubungan interpersonal kita, jumlah komitmen dan tanggung jawab yang kita bawa, tingkat ketergantungan dan ekspektasi kita, jumlah dukungan yang kami terima dari orang lain, dan jumlah perubahan atau peristiwa traumatis yang baru-baru ini terjadi dalam hidup kita.
Namun, faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan kerentanan kita terhadap stres atau bertindak untuk mengurangi keparahannya. Orang-orang dengan jaringan dukungan sosial yang kuat (terdiri dari keluarga, teman, organisasi keagamaan, atau kelompok sosial lainnya) melaporkan lebih sedikit stres dan secara keseluruhan meningkatkan kesehatan mental dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kontak sosial ini.


Orang yang kurang gizi, yang kurang tidur, atau yang tidak sehat secara fisik juga memiliki kemampuan yang berkurang untuk menangani tekanan dan tekanan kehidupan sehari-hari dan dapat melaporkan tingkat stres yang lebih tinggi.


Beberapa stres terutama terkait dengan kelompok usia atau tahapan kehidupan tertentu. Anak-anak, remaja, mahasiswa, orang tua yang bekerja, dan manula adalah contoh dari kelompok-kelompok yang sering menghadapi stressor umum terkait dengan transisi kehidupan.
Orang-orang yang memberikan perawatan untuk orang tua atau orang yang dikasihi lemah juga dapat mengalami banyak stres sebagai pengasuh. Memiliki orang yang dicintai atau anggota keluarga yang berada di bawah banyak stres sering meningkatkan tingkat stres kita sendiri juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar